Tarif Terbaru KRL Berdasarkan Jarak Per 1 April 2015

Saldo minimal kartu THB Rp 10.000,- dan kartu multi trip serta kartu bank Rp 11.000,-.

Stasiun Tenjo - Sehubungan berlakunya Gapeka 2015, tarif baru juga diresmikan pihak PT. KCJ. Direktur Utama PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ), Muhammad Fadhil, mengatakan, mekanisme tarif progresif berdasarkan kilometer ini akan menggantikan mekanisme perhitungan tarif progresif sebelumnya yang berdasarkan jumlah stasiun. "Dalam mekanisme baru ini, ditetapkan besaran tarifnya Rp 200 per km. Penumpang dikenakan minimum kilometer perjalanan yang akan dikenakan pada penghitungan untuk 1 sampai dengan 25 kilometer pertama sebesar Rp 2.000, dan Rp 1.000 untuk tiap 1 sampai dengan 10 kilometer berikutnya, dan berlaku kelipatan. Besaran tarif tersebut adalah tarif bersubsidi yang dibayarkan oleh penumpang," kata Fadhil di Kantor KCJ, Stasiun Juanda, Jakarta Pusat, Rabu (25/3/2015).

Tarif baru berdasrkan jarak tempuh ini sekaligus merubah saldo minimal yang terdapat di kartu multi trip dan kartu THB. Jika semula nilai saldo minimal adalah Rp. 7000,- maka sekarang saldo minimal nilainya menjadi Rp 10.000,- untuk kartu THB dan Rp. 11.000,- untuk kartu multi trip dan kartu bank. Seperti gambar diatas, pinalti untuk setiap  kartunya juga menjadi Rp. 10.000,-. Jadi pastikan kartu anda memiliki saldo minimal Rp 10.000,- untuk pengguna kartu THB dan Rp. 11.000,- untuk kartu multi trip dan bkartu bank sebelum tap-in di stasiun keberangkatan. Ketentuan saldo minimal dan tarif pinalti ini berlaku untuk semua jenis kartu bank seperti Flazz, E-money, Brizzi, Indomaret card, dan lain sebagainya.

Jadwal KRL Maja Line Per 1 April 2015


Stasiun Tenjo - Berhubung adanya pemberlakuan Gapeka 2015 per tanggal 1 April 2015, Admin Stasiun Tenjo akan merangkum informasi mengenai perubahan jadwal dan tarif KRL di lintas Maja-Tanah Abang. Jadwal yang ada merupakan jadwal resmi dan perlu diketahui jadwal disusun dengan anggapan double track telah aktif. Jadi, jangan merasa tertipu jika kereta berangkat atau tiba diluar waktu yang ditentukan. Karena fakta di lapangan, jalur sepanjang Parungpanjang hingga Maja masih single track. Untuk penomoran KA sengaja tidak admin tulis untuk mempermudah pembacaan informasi.

Perubahan Tarif Tiket Kereta Api Lokal

 
Spanduk Perubahan Tarif KA Lokal Di Stasiun Tenjo. Credit: Imanuel


 Stasiun Tenjo - Berhubung dengan adanya kebijakan baru mengenai subsidi PSO (Public Service Obligation), PT. Kereta Api Indonesia menerbitkan tarif terbaru untuk kereta lokal per 1 April 2015. Kebijakan ini berkaitan dengan penghematan anggaran PSO agar tidak putus sebelum tahun berakhir. Atau dalam bahasa sederhananya tarif naik karena subsidi dibagi-bagi agar cukup sampai tahun berakhir. Sebagai akibatnya semua kereta lokal mengalami kenaikan rata-rata hingga 200-500%. Hal ini juga berlaku untuk tarif seluruh kereta lokal lintas barat seperti Patas Merak dan Langsam. Dimana Patas Merak menjadi Rp 8 ribu dan Langsam naik dari Rp 2 ribu menjadi Rp 5 ribu. Namun ada kabar gembira juga seputar tarif kereta Kalimaya yang akan diberi diskon 35%. Relasi Tanahabang-Rangkasbitung yang semula Rp 15 ribu menjadi Rp 10 ribu rupiah saja. Promo ini berlaku hingga tanggal 31 Maret nanti.

Apel Busuk, Part 24





--Nathan's POV--

"Selagi kami memeriksa data ante-mortem, saudara bisa kembali lagi nanti" ucap pak Kasat Intel mempersilahkan Nathan pulang.

"Mmm.. Lihat-lihat dulu boleh gak pak?" pinta Nathan.

"Ini ruangan terlarang! Bukan tempat wisata, ngerti?"

"Sekarang saudara boleh keluar!" bentak pak Kasat emosi.

"Sabar-sabar pak, barangkali memang dia bisa membantu.." bujuk penyidik Yenni coba menenangkan suasana.

"Iya pak, tidak ada salahnya kan? Toh, ada kami yang menemani" dukung Bripda Edward.

"Ya sudahlah!' gerutu pak Kasat sambil ngeloyor pergi.

"Nah, sekarang apa yang ingin kau lihat?" tanya penyidik Yenni begitu pak Kasat meninggalkan gudang.

Nathan tidak menjawab. Ia sudah sibuk mengamati tiap sudut rongsokan truk malang dihadapanya.

"Itu!"

"Itu apa?" tanya Nathan menunjuk sebuah tas hitam yang teronggok diujung bak truk.

Apel Busuk, Part 23



--Nathan's POV--


Nathan memandang mata cokelat nan indah milik Priscila sekali lagi. Ia berharap bisa memeluk gadis itu walau hanya sesaat.

"Pris, tolong jangan akhiri semuanya ini.."

Priscila tidak menjawab. Ia menarik nafasnya dalam-dalam.

"Ka-kamu tuh udah jadi mimpi terbesar aku Pris.." sambung Nathan gugup. Seraya tanpa sadar mengelap telapak tanganya yang berkeringat ke seragam kumalnya 

"Ibuku pernah bilang mimpi itu harus diraih, dan aku selalu percaya kalau tidak ada mimpi yang terlalu besar dan pemimpi yang terlalu kecil.."

Apel Busuk, Part 22


 Nathan melangkahkan kakinya dengan gontai ke dalam lokomotif. Pertemuan singkat. Alunan cempreng pengamen jalanan mengiringi setiap getaran syahdu mesin lokomotif. Membawanya pulang ke asal. Kaca kotor kabin masinis yang memisahkan dirinya dengan gadis pujaan hatinya terlihat begitu kokoh saat ini. Begitu kokohnya hingga ia bisa merasakan ada aliran air mata yang menggenangi pelupuk matanya.

"Bye sayang.." gumam sang juru langsir penuh arti.

Priscila tidak menyahut. Suara kebisingan lokomotif yang hingga level 88dBA pasti membuatnya tidak mendengar apapun. Nathan melambai lemah dari balik kaca. Pertemuan ini lebih singkat dan menyakitkan dari perkiraanya. Ia tidak bisa berbuat banyak. Ia merasa berdosa. Priscila datang ke Sidopoto untuk menemuinya, sementara ia malah harus pergi meninggalkanya. Dan sialnya ending yang didapat gadis itu bukan happy ending seperti sinetron-sinetron di TV. Tidak. Gadis imut dan pintar itu harus merelakan getaran mesin lokomotif mengalahkan kerinduan hatinya. Suara desingan sang raksasa diesel bagai irama perpisahan yang menyayat hati.

Nathan menatap kosong kedepan. Sinyal jalan sudah mengangkat angkuh. Suara lantang peluit kepala stasiun yang dibalas kondektur pun sudah menjerit. Kini saatnya dia berangkat. Berangkat sebagai asisten masinis dan bukan juru langsir Wijen lagi. Ia hanya bisa tabah menjalani tugas negara yang entah sampai kapan akan memisahkanya dari Priscila.

Antara Cowhanger Dan Cowcatcher, Mana Yang Benar?

Cowcatcher merah CC206. Sumber: lihat watermark gambar
 Stasiun Tenjo - Kali ini admin tertarik membahas seputaran penyebutan bemper lokomotif yang terlanjur salah kaprah di kalangan railfans (penggemar kereta -red). Karena antara cowhanger dan cowcatcher sama-sama sering dipakai tanpa mengetahui arti dan kebenaran yang ada. Tapi sebelum membahas lebih jauh, mari kita mengenal terlebih dahulu penjelasan umum bemper lokomotif.

Fungsi bemper pada lokomotif sebenarnya sama saja dengan fungsi bemper truk-truk besar. Yaitu untuk melindungi kabin dari kerusakan hebat sewaktu terjadi tabrakan. Khusus untuk bemper lokomotif fungsinya juga untuk mendorong suatu benda cukup besar berada di jalan rel, terutama apabila ada hewan sehingga akan terlempar dan tidak masuk ke kolong lokomotif. Benda yang cukup besar bila terlindas roda dapat mengakibatkan lokomotif anjlok.

Lokomotif yang menarik rangkaian kereta api; rangkaian KRL atau rangkaian KRD yang berjalan diatas jalan rel harus bebas dari benda-benda atau bangunan di sekitar jalan rel. Bentuk bemper atau selanjutnya disebut penghalau hewan yang berlekuk dan sempit di bagian bawah adalah untuk menyesuaikan agar tidak menyentuh bangunan peron rendah atau peron medium atau bangunan instalasi lain seperti alat persinyalan. Lain halnya dengan peron tinggi di stasiun-stasiun besar dan stasiun di wilayah Jabodetabek, maka penghalau hewan tidak akan menyentuh peron di bagian bawah.

Apel Busuk, Part 21


"Pris, aku harus pergi"

Priscila mengangguk pelan. Nathan mengecup lembut kening Priscila sekali lagi. Ia harus kembali ke Sidopoto. Tugas negara telah menantinya.

"Jaga diri baik-baik ya"

"Hahaha" Nathan tertawa mendengarnya. Entah kenapa kalimat itu terasa asing di telinganya.

"Aku kan cuma ke Sidopoto Pris" 

"Iya sih" Priscila manggut-manggut.

"Tapi kalo aku kangen gimana?" tanya gadis itu setengah berbisik.

"Aku ntar rutin dateng ke Wijen kok"

"Janji?"

"Pasti!" sahut Nathan mantap.

Tarif KRL Terbaru 1 April 2015

Stasiun Tenjo - Mulai 1 April 2015 pengaturan tarif kereta rel listrik (KRL) Commuter Line Jabodetabek diubah. Sistem penetapan tarif yang semula berdasarkan jumlah stasiun yang dilewati, pada April mendatang ditetapkan berdasarkan jarak kilometer (km) yang dilalui kereta.

Eva Chairunisa, Manajer Komunikasi PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) seperti dilansir dari Wartakota, hari Sabtu (28/2/2015) sore mengatakan, setiap 1 kilometer jarak yang dilalui penumpang dikenai tarif Rp 200,-

"Untuk KRL commuter line, ada pemberlakuan tarif minimum. Perhitungannya 1-25 Km pertama, kalau dihitungkan 25x200 jadi Rp 5000. Tetapi untuk commuter line ada subsidi Rp 3000 karena merupakan public service obligation (PSO)," kata Eva.