KA Krakatau Ekspres

K3AC KA Krakatau

 Stasiun Tenjo - PT Kereta Api Indonesia akan mengoperasikan KA Krakatau Ekspres rute Merak-Madiun mulai 24 Juli 2013. "KA Krakatau akan diluncurkan pada 24 Juli 2013, sehingga diharapkan bisa mendukung pelaksanaan angkutan Lebaran 2013," kata Vice President PR PT. KAI Sugeng Proyono di Bandung, Selasa (16/7).

KA Krakatau akan dioperasikan melalui jalur selatan Madiun-Solo-Yogya-Kroya-Purwokerto-Cirebon-Jakarta-Merak dengan kekuatan dua rangkaian KA dan waktu 16 jam. KA Krakatau yang merupakan rangkaian baru itu dibeli secara khusus oleh Dirjen Perkeretaapian untuk melayani jalur terpanjang di jalur Jawa itu. Fasilitasnya di lengkapi dengan AC dan perlengkapan baru lainnya, dirinya juga menjelaskan rangkaian KA Krakatau terdiri dari satu kereta makan pembangkit (KMP3AC) dan sembilan gerbong penumpang (K3AC) dengan kapasitas 600 penumpang. "Kapasitas penumpang per hari 1.216 penumpang, atau masing-masing rangkaian daya angkutnya 600 penumpang," kata Sugeng

 
Lebih lanjut, Sugeng menyebutkan, kehadiran KA Krakatau Merak itu merupakan jawaban dan memberikan alternatif bagi para penumpang KA di Jalur Merak-Madiun masing-masing delapan gerbong.  Harga tiket KA Krakatau yang menempuh rute Merak-Madiun itu dijual dengan harga Rp180.000 per penumpan dan Rp. 30.000 per penumpang untuk Pasarsenen-Merak. Rute KA Krakatau Ekspres merupakan rute kedua terpanjang di Jawa setelah rute KA Malabar Bandung-Malabar yang berjarak tempuh 17 jam.

Adapun berdasarkan teleks yang Stasiun Tenjo terima, KA ini akan menggunakan nomor PLB, yaitu mulai dari Madiun sampai dengan Kampungbandan, KA Krakatau Ekspres dijalankan sebagai KLB dengan mengambil nomor KA 7095, dan selanjutnya berjalan sebagai KA 7098 mulai dari Kampungbandan sampai mengakhiri perjalanan di Merak.
Sedangkan untuk yang dari Merak, akan mengambil nomor KA 7097 sebagai KLB hingga Kampungbandan dan KA 7096 sampai mengakhiri perjalanan di Merak
Adapun kecepatan rata-rata KA Krakatau Ekspres adalah 90 km/jam sepanjang lintas Madiun sampai dengan Lempuyangan, 80 km/jam untuk lintas Lempuyangan sampai dengan Kebasen, 70 km/jam untuk lintas Kebasen sampai dengan Cirebon, 90 km/jam untuk lintas Cirebon sampai dengan Bekasi, 70 km/jam untuk lintas Bekasi sampai dengan Kampungbandan, 65 km/jam untuk lintas Kampungbandan sampai dengan Parungpanjang, dan 65-70k/jam mulai Parungpanjang sampai mengakhiri perjalanan di Merak. Demikian pula arah sebaliknya.

Berikut adalah perjalanan KA Krakatau KLB 7097 di lintas Barat sesuai teleks yang Stasiun Tenjo himpun. 

KLB 7097 Lintas Mer/Kpb
Mer   berangkat pukul 08:45       
Ken    Ls    08:56       
Clg    09:01    09:03 (berhenti Cilegon) bersilang dengan KA 1652 di Cilegon (KA 1652 berhenti, tunggu masuk KA Krakatau)
Tojb    Ls    09:12.5   
Kra    bersilang dengan KA 1642 (KA 1642 berhenti di Karangantu, tunggu bersilang dengan KA Krakatau berjalan langsung)
Sg    09:28    09:30 (berhenti Serang)      
Wlt    Ls    09:40.5   
Ckl    bersilang dengan KA 282 Patas Merak di Cikeusal (KA 282 berhenti, tunggu bersilang dengan KA Krakatau berjalan langsung)
Ct    Ls    09:56.5   
Jbu    Ls    10:01       
Rk    10:10    10:20 (berhenti Rangkasbitung)      
Ctr    bersilang dengan KA 296 Lokal di Citeras (KA 296 berhenti, tunggu bersilang dengan KA Krakatau berjalan langsung)
Mj    Ls    10:45.5    (menyusul KA 277 Rangkas Jayadi Maja)
Cky    Ls    -   
Tgs    Ls    -
Tej    Ls    10:53.5    (bersilang dengan KA 268 Kalimaya di Stasiun Tenjo (KA 268 berhenti, tunggu bersilang dengan KA Krakatau berjalan langsung)
Dar    Ls    -   
Cjt    Ls    11:00.5    (bersilang dengan KA 298 Langsam di Cilejit (KA 298 berhenti, tunggu bersilang dengan KA Krakatau berjalan langsung)

Kemudian berhenti di Parungpanjang pukul 11.09 untuk selanjutnya berjalan langsung hingga Kampungbandan, ganti nomor KA dan selanjutnya melanjutkan perjalanan sampai dengan Madiun sesuai Gapeka.

Ilustrasi KA Krakatau menyebrangi jembatan

 Sedangkan untuk KLB 7098 yang dari Madiun, setelah lepas dari Kampungbandan berjalan langsung hingga Parungpanjang (berhenti pukul 23.03), dan berhenti di perhentian selanjutnya yang telah ditentukan Gapeka. Tidak ada persilangan dan penyusulan mulai dari Palmerah sampai dengan Merak, karena sudah tidak bersinggungan dengan jadwal KA lainya. (Melintas langsung Stasiun Tenjo sekitar tengah malam pukul 23.20).

Sekedar tambahan informasi,mulai bulan ini KA Rangkas Jaya menggunakan kereta ber-AC dan tarifnya menjadi Rp. 15.000,- (hanya BERHENTI di Tigaraksa)
 
Demikian ulasan Stasiun Tenjo untuk KA Krakatau Ekspres, semoga berguna.
Kami mohon maaf apabila pengembangan blog ini terasa amat, sangat lambat.Hal itu dikarenakan keterbatasn waktu administrator tunggal blog ini. Terimakasih

Artikel Lainya:

No comments:

Post a Comment

Sampaikan komentar anda disini. No SARA & Rasis. Terimakasih