Direktur Utama PT KAI Commuter Jabodetabek Tri Handoyo mengatakan, tidak semua rute di Jabodetabek ditambah perjalanannya. Sebab pihaknya saat ini sedang menitik beratkan di jalur loopline Manggarai-Tanah Abang-Angke-Jatinegara.
Penambahan juga terjadi di Jalur Bekasi–Kota Tangerang–Duri dan Tanah Abang-Serpong. Perjalanan yang dikurangi adalah Jalur Bogor–Jakarta dan Tanjung Priok–Kota.
Untuk loopline, saat ini hanya ada 67 perjalanan. Mulai 1 April 2013, akan bertambah menjadi 93 perjalanan. Selain itu, rute Bekasi–Kota saat ini baru ada 84 perjalanan, meningkat menjadi 106 perjalanan. Rute Tanah Abang-Serpong 74 perjalanan, bertambah menjadi 87 perjalanan.
Untuk rute Tanggerang-Duri, saat ini sudah ada 40 perjalanan dan akan ditambah menjadi 41 perjalanan. Sementara itu, untuk KRL dari arah Bogor ke Stasiun Jakarta Kota, jumlah perjalanannya menurun dari 193 perjalanan menjadi 176 perjalanan.
"Kita mengurangi lintas Bogor kota. Sebab nantinya akan banyak kereta di Manggarai ataupun Tanah Abang. Jadi intinya tidak ada pengurangan, malah penambahan perjalanan," tandasnya.
Menurut Handoyo, dengan meningkatnya jumlah perjalanan tersebut, akan terjadi sedikit pergeseran waktu tunggu KRL di setiap stasiun di rute sentral seperti lintas Bogor–Kota dan Tanah Abang-Serpong. Pasalnya operasioanal kereta akan di titik beratkan di loopline.
Jika biasanya setiap tujuh menit ada KRL masuk ke stasiun, nantinya bergeser jadi sekitar sembilan menit sekali, di jalur sentral. Meski demikian, Tri mengaku dengan adanya kebijakan ini pihaknya juga akan memulai lebih awal jam operasional kereta serta waktu berakhirnya lebih lama.
Dengan penambahan jadwal ini, Tri berharap akan terjadi peningkatan penumpang sebab dirinya mengakui saat ini pihaknya sudah diberikan slot 20 persen dari jumlah perjalanan yang ada. Tetapi pihaknya hanya mampu menjalankan empat persen dari 20 persen tersebut.
Sementara itu, pengamat transportasi Izzul Waro menilai, bahwa kebijakan yang dibuat PT KCJ merupakan kebijakan yang positif. Artinya kebijakan dibuat atas permintaan pasar. Namun yang harus diperhatikan adalah implementasi nyata di lapangan.
Sebab biasanya keadaan di lapangan tidak sama dengan apa yang direncanakan. Salah satu contoh adalah masih banyaknya armada yang sering mengalami gangguan. "Ini merupakan kebijakan yang positif, tapi kita tunggu pelaksanaan di lapangan saja," tuturnya.
sumber: metro.sindonews.com
Artikel Lainya:
KRL
- Hilangnya Langsam
- Berhenti Di Perlintasan KA
- Keunikan Jalur Serpong, Parungpanjang, Dan Maja Dibandingkan Jalur Lain
- Tarif Terbaru KRL Berdasarkan Jarak Per 1 April 2015
- Jadwal KRL Maja Line Per 1 April 2015
- Atapers Terlalu Berani Lawan Petugas? Tertibkan!
- Operasional KRL Maja Tinggal Menunggu Instruksi Dirjen KA
- KRL Serpong-Maja Sudah Menjalani Test Run
- PT. KCJ Akan Beli 1000 Unit KRL Bekas
Kereta Api Penumpang
- Kereta Api Di Masa Mendatang
- Pengalaman Naik Gopar
- Hilangnya Langsam
- Stasiun Merak: Dari Merak Jaya Sampai Nyebrang Laut (Part 1)
- Tarif KRL Naik Per Oktober 2016
- Pertama Di Asia, Kereta Menggunakan LNG
- Berhenti Di Perlintasan KA
- KA Pangrango
- KA Krakatau Ekspres
- E-Ticketing Diundur, Penumpang Bingung
- Juli, Kereta Api Ekonomi Dihapus
- Indonesia Akan Bangun Terowongan KA Bengkulu-Sumsel Sepanjang 13 Km
- Subsidi Kurang Rp 100 Miliar, 2 Juta Penumpang Kereta Terancam Tak Terangkut
- Re-Launching Sepur Kluthuk “Jaladara”
- Dianggap Meresahkan, Penumpsng Desak Agar Pedagang Asongan Di KRL Ekonomi Ditertibkan
- (Video) KA Patas Merak Silang Dengan Kalimaya Di Stasiun Tenjo
- Menhub Ingin Kalimantan Punya Jalur KA
- KRL Serpong-Maja Sudah Menjalani Test Run
- Peraturan Mengenai Barang Bawaan Di KRL Tidak Jelas
- E-Ticketing KRL Relasi Bogor/Depok-Jakarta Diberlakukan
- Peraturan Angkutan Penumpang KA Yang Tidak Berdaulat
- PT. KCJ Akan Beli 1000 Unit KRL Bekas
- KA Langsam, KA Go Green Pertama Di Indonesia
- Dua Gerbong Tambahan Lebih Baik
Pemberitahuan
- Hilangnya Langsam
- Tarif KRL Naik Per Oktober 2016
- Pertama Di Asia, Kereta Menggunakan LNG
- Berhenti Di Perlintasan KA
- 4 Alasan Kenapa Harus Follow Twitter Dan Instagram Gue
- Keunikan Jalur Serpong, Parungpanjang, Dan Maja Dibandingkan Jalur Lain
- Peresmian "New" Stasiun Palmerah
- Tarif Terbaru KRL Berdasarkan Jarak Per 1 April 2015
- Perubahan Tarif Tiket Kereta Api Lokal
- Tarif KRL Terbaru 1 April 2015
- Banjir Rendam Stasiun Kampung Bandan
- KA Pangrango
- KA Krakatau Ekspres
- Hari Ini Kartu MultiTrip KRL Sudah Mulai Dijual
- Tarif Progresif KRL Maja Line Dari Stasiun Tenjo (Update)
- Rangkas Jaya AC
- E-Ticketing Diundur, Penumpang Bingung
- KRL Resmi Dihapus, Polisi Berjaga-jaga Antisipasi Ricuh
- Juli, Kereta Api Ekonomi Dihapus
- Jadwal Baru Perjalanan KA Berlaku Mulai 1 April 2013
- Re-Launching Sepur Kluthuk “Jaladara”
- Operasional KRL Maja Tinggal Menunggu Instruksi Dirjen KA
- Menhub Ingin Kalimantan Punya Jalur KA
- KRL Serpong-Maja Sudah Menjalani Test Run
No comments:
Post a Comment
Sampaikan komentar anda disini. No SARA & Rasis. Terimakasih