Cukup Nyaman Dengan Kereta Ekonomi AC Majapahit

Cukup Nyaman dengan Kereta Ekonomi AC Majapahit

Kereta Api Ekonomi AC Majapahit
KA Ekonomi AC Majapahit
Reformasi yang dilakukan perusahaan angkutan darat tua itu tidak sia-sia. Setelah selama puluhan tahun pelayanannya seakan tak meningkat, kini kenyamanan angkutan ini bisa dinikmati penggunanya. Hal yang dikeluhkan pengguna KA selama bertahun-tahun satu persatu mulai dibenahi.
Saat saya pulang dari Bekasi tanggal 15 September 2012 lalu, sebelum kereta bisnis Senja Singosari diberangkatkan dari Pasar Senen, seorang petugas dengan pakaian seperti Satpol PP dengan pengeras suara portable cap TOA, mengatakan apa yang diperbolehkan dan tak diperbolehkan di kereta api. Juga menjelaskan tentang apa-apa kemajuan layanan yang dilakukan PT KAI selama ini.
Tak disangka, seorang ibu bertanya,”Mas kenapa kereta kelas bisnis kok tak ada ACnya ? Mestinya yang namanya kereta Bisnis itu kan minimal ada ACnya”. “Saya mendengar, ada kereta api ekonomi AC, lha itu ekonomi malah ada AC nya gimana to mas ? “, protes ibu itu.

Pertama naik KA Bisnis Senja Singosari saya pun dibuat kaget. Tak jauh beda dengan kereta ekonomi. Keretanya sudah terlihat kusam, tak ada AC didalamnya sehingga jangan ditanya betapa panasnya. Hal yang membedakannya hanya tiga , adanya colokan listrik, semua bangku menghadap depan, dan kecepatan kereta setara dengan kelas eksekutif.
Tak menyangka dengan pertanyaan itu, bapak petugas itu hanya bisa mengatakan, saat ini memang tengah diadakan peningkatan pelayanan, dan targetnya nanti, semua kereta ber AC.
Hari Selasa, 9 Oktober lalu, dalam perjalanan ke Bekasi, saya naik Kereta Api Ekonomi AC Majapahit. Kereta Senja Singosari yang dilabeli Bisnis itu sekarang sudah diubah menjadi Ekonomi AC Majapahit. Jadwal, rute dan tarifnya sama dengan kereta Senja Singosari. Saya tak akan banyak bercerita karena saya sempat mengabadikannya :)
KA Majapahit Interiornya Masih Baru dan Bersih
Interior KA Majapahit Yang Masih Baru Dan Bersih
Dan yang paling melegakan adalah adanya informasi saat kereta melintas di sebuah stasiun. Hal sepele yang dulu saya keluhkan itu sekarang diimplementasikan di KA Majapahit. Saya tida tahu apakah di KA lain juga sudah mengimplementasikan hal serupa. Fasilitas ini saya kira penting terutama bagi orang yang tidak sering bepergian melalui KA, karena dia bisa tahu sekarang sudah sampai dimana.
KA Majapahit : Display Stasiun
Display Stasiun
Secara keseluruhan KA Majapahit ini sudah bagus, hanya saja ada satu yang ketinggalan, yaitu tidak adanya colokan listrik seperti pendahulunya. Ini yang membuat penumpang semalaman bisa mati gaya.
Bagaimana PT KAI ?


Penulis: Achedy (achedy_at_penamedia.com), sumber terlampir

Sumber: achedi.penamedia.com

Artikel Lainya:

No comments:

Post a Comment

Sampaikan komentar anda disini. No SARA & Rasis. Terimakasih