Hari Ini Lintas Manggarai-Tanahabang Sudah Bisa Dilalui Lagi

Sejumlah Personel TNI Membawa Batu Dan Material Yang Menutupi Rel


Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, mengatakan tanggul Kanal Banjir Barat yang jebol di Jalan Latuharhari, Jakarta Pusat, sudah rampung diperbaiki. "Malam ini (kemarin) sudah selesai 100 persen sehingga bisa digunakan lagi rel kereta apinya," ujar Jokowi di Ruang Rapat Pimpinan DPR RI, kemarin.

Tanggul yang jebol pada Kamis pekan lalu, menutup sebagian jalur rel kereta. Untuk memperbaikinya, bantuan didatangkan dari berbagai pihak, termasuk Kopassus dan Kodam Jaya. Mereka bekerja siang dan malam dibantu dengan alat-alat berat.


Warga Melintasi Stasiun Sudirman

Terendamnya rel mengakibatkan perjalanan kereta dari Bogor dan Bekasi yang menuju Tanah Abang maupun Kota hanya berakhir di Stasiun Manggarai. Humas Daerah Operasi 1 PT KAI, Purbawa mengatakan, rute yang tak normal berpengaruh pada jadwal kereta. "Karena semua kereta mengakhiri perjalanan di Manggarai, jadi masuknya harus antre," ujarnya.

Jalur menuju Kota belum bisa digunakan akibat padamnya gardu listrik aliran atas di Stasiun Kota terendam banjir. Sementara jalur di sekitar Stasiun Sudirman sebenarnya sudah bisa dilalui, tapi pemerintah DKI meminta waktu sehari lagi. "Agar alat berat untuk perbaikan tanggul di Latuharhari bisa bekerja maksimal," kata Purbawa.

Sedangkan perjalanan kereta dari Parung Panjang dan Serpong sudah bisa mencapai Stasiun Tanah Abang. Kereta dari Tangerang juga sudah bisa beroperasi hingga Duri setelah beberapa hari terhenti karena rel terendam banjir dan menjadi lokasi pengungsian warga Kedoya Utara.

Sumber: tempo.co

Artikel Lainya: