Kereta api sudah menjadi salah satu sarana transportasi yang vital bagi masyarakat baik untuk penghubung antar kota maupun dalam kota. Dalam hal ini, Stasiun Kereta Api memiliki peran yang tak kalah penting dari fungsi kereta api itu sendiri. Fungsi Stasiun Kereta Api tidak hanya sebagai halte pemberhentian belaka melainkan sebagai fasilitas 'transit' atau tempat kegiatan datang dan pergi para penumpang, sehingga bangunan stasiun menjadi sarana penting pada setiap kota yang dilalui perjalanan kereta api.
Banyaknya kota-kota di Indonesia yang dilalui jalur kereta api diikuti pula dengan pembangunan stasiun-stasiun dengan rancangan arsitektur yang menunjukkan berbagai era sejak jaman pemerintah Hindia Belanda hingga saat ini. Dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia, bangunan stasiun kereta api menjadi salah satu fasilitas publik dan aset bangsa yang perlu dijaga dan dilestarikan.
Catatan: Tidak semua stasiun ditampilkan dalam tabel diatas.
Artikel Lainya:
Pengetahuan
- Sistem Terbuka Dan Sistem Tertutup Beserta Contohnya
- Stasiun Merak: Dari Merak Jaya Sampai Nyebrang Laut (Part 1)
- Pertama Di Asia, Kereta Menggunakan LNG
- Keunikan Jalur Serpong, Parungpanjang, Dan Maja Dibandingkan Jalur Lain
- Antara Cowhanger Dan Cowcatcher, Mana Yang Benar?
- Seputar Traksi Ganda Lokomotif (Bagian Pertama)
- Mengenal Bogie Kereta Api Indonesia
- 7 Rekor Dunia Mengenai Kereta Api
- Napak Tilas Jalur Mati Karawang-Rengasdengklok
- Saketi Bayah, Jalur KA Maut Di Banten
- Merentang Sejarah Indonesia Lewat Lokomotif
- Mengenal Perlintasan Sebidang
- Lintas Rel Kereta Api Di Indonesia
No comments:
Post a Comment
Sampaikan komentar anda disini. No SARA & Rasis. Terimakasih