Menhub mengunjungi stasiun Manggarai (MRI) |
"Untuk Kalimantan sudah waktunya diangkut melalui kereta api," kata E.E. Mangindaan dalam rilis Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan yang diterima di Jakarta, Selasa kemarin.
Menurut Mangindaan, kemajuan ekonomi yang begitu cepat di Kalimantan terutama di sektor pertambangan dan perkebunan harus diimbangi dengan pembangunan infrastruktur yang juga memadai.
Menhub mengemukakan bahwa sebenarnya telah banyak investor yang sudah berminat untuk pembangunan tersebut.
Ia mencontohkan, beberapa investor yang telah menyatakan ketertarikannya antara lain adalah investor dari negara China, Jerman, dan Rusia.
"Tergantung pemerintah daerah mau memilih yang mana," katanya.
Menurut dia, bila telah terealisasikan maka pada awalnya akan difokuskan untuk pembangunan hasil pertambangan dan perkebunan.
Baru setelah itu, lanjutnya, dilanjutkan dengan pembangunan moda infrastruktur kereta api dalam hal mengangkut penumpang.
Ia menyatakan bahwa pihak pemerintah pusat telah siap untuk melaksanakan hal tersebut dan kini tergantung dari pihak pemerintah daerah.
Menhub juga mengutarakan harapannya agar proyek kereta api di Kalimantan sudah bisa dimulai pada tahun 2013 ini antara lain karena untuk pembebasan tanah tidak ada masalah.
Sebelumnya, Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Tundjung Inderawan mengatakan, banyak pihak yang sebenarnya berminat untuk membantu mewujudkan transportasi monorel yang dinilai sebagai salah satu solusi kemacetan di ibu kota.
"Pihak yang berminat merealisasikan monorel banyak, seperti ada beberapa BUMN yang telah mengajukan permohonan," kata Tundjung Inderawan di Jakarta, Selasa (19/2/2013).
Menurut dia, beragam pihak yang berminat itu harus dapat memperhatikan sejumlah hal antara lain jaringan yang membuat berbagai moda transportasi dapat terintegrasi seperti dengan busway dan kereta api.
Karena itu, Kemenhub bersama-sama dengan berbagai pihak pemangku kepentingan akan bekerja sama dalam menyusun dan membuat peta jaringan terpadu, guna mengintegrasikan semua moda tersebut.
sumber: antaranews.com
Artikel Lainya:
Lingkungan
- Sistem Terbuka Dan Sistem Tertutup Beserta Contohnya
- Peresmian "New" Stasiun Palmerah
- Pelaku Penodongan Diatas Kereta Lokal Cikampek Ditangkap
- Indonesia Akan Bangun Terowongan KA Bengkulu-Sumsel Sepanjang 13 Km
- Atapers Terlalu Berani Lawan Petugas? Tertibkan!
- Dianggap Meresahkan, Penumpsng Desak Agar Pedagang Asongan Di KRL Ekonomi Ditertibkan
- Peraturan Mengenai Barang Bawaan Di KRL Tidak Jelas
- Peraturan Angkutan Penumpang KA Yang Tidak Berdaulat
- Perjalanan KA Rangkasbitung Dan Merak Kembali Normal
- KA Langsam, KA Go Green Pertama Di Indonesia
- Pagar Pembatas Dibangun Di Sisi Jalur 3 Tanahabang. Masalah Baru-kah?
- Stasiun Kampungbandan Kembali Normal
- Hari Ini Lintas Manggarai-Tanahabang Sudah Bisa Dilalui Lagi
- Banjir, Motor Masuk Jalan Tol
Pemberitahuan
- Hilangnya Langsam
- Tarif KRL Naik Per Oktober 2016
- Pertama Di Asia, Kereta Menggunakan LNG
- Berhenti Di Perlintasan KA
- 4 Alasan Kenapa Harus Follow Twitter Dan Instagram Gue
- Keunikan Jalur Serpong, Parungpanjang, Dan Maja Dibandingkan Jalur Lain
- Peresmian "New" Stasiun Palmerah
- Tarif Terbaru KRL Berdasarkan Jarak Per 1 April 2015
- Perubahan Tarif Tiket Kereta Api Lokal
- Tarif KRL Terbaru 1 April 2015
- Banjir Rendam Stasiun Kampung Bandan
- KA Pangrango
- KA Krakatau Ekspres
- Hari Ini Kartu MultiTrip KRL Sudah Mulai Dijual
- Tarif Progresif KRL Maja Line Dari Stasiun Tenjo (Update)
- Rangkas Jaya AC
- E-Ticketing Diundur, Penumpang Bingung
- KRL Resmi Dihapus, Polisi Berjaga-jaga Antisipasi Ricuh
- Juli, Kereta Api Ekonomi Dihapus
- Jadwal Baru Perjalanan KA Berlaku Mulai 1 April 2013
- Re-Launching Sepur Kluthuk “Jaladara”
- Operasional KRL Maja Tinggal Menunggu Instruksi Dirjen KA
- Mulai 1 April Jadwal KRL Jabodetabek Ditambah
- KRL Serpong-Maja Sudah Menjalani Test Run
Kereta Api Penumpang
- Kereta Api Di Masa Mendatang
- Pengalaman Naik Gopar
- Hilangnya Langsam
- Stasiun Merak: Dari Merak Jaya Sampai Nyebrang Laut (Part 1)
- Tarif KRL Naik Per Oktober 2016
- Pertama Di Asia, Kereta Menggunakan LNG
- Berhenti Di Perlintasan KA
- KA Pangrango
- KA Krakatau Ekspres
- E-Ticketing Diundur, Penumpang Bingung
- Juli, Kereta Api Ekonomi Dihapus
- Indonesia Akan Bangun Terowongan KA Bengkulu-Sumsel Sepanjang 13 Km
- Subsidi Kurang Rp 100 Miliar, 2 Juta Penumpang Kereta Terancam Tak Terangkut
- Re-Launching Sepur Kluthuk “Jaladara”
- Mulai 1 April Jadwal KRL Jabodetabek Ditambah
- Dianggap Meresahkan, Penumpsng Desak Agar Pedagang Asongan Di KRL Ekonomi Ditertibkan
- (Video) KA Patas Merak Silang Dengan Kalimaya Di Stasiun Tenjo
- KRL Serpong-Maja Sudah Menjalani Test Run
- Peraturan Mengenai Barang Bawaan Di KRL Tidak Jelas
- E-Ticketing KRL Relasi Bogor/Depok-Jakarta Diberlakukan
- Peraturan Angkutan Penumpang KA Yang Tidak Berdaulat
- PT. KCJ Akan Beli 1000 Unit KRL Bekas
- KA Langsam, KA Go Green Pertama Di Indonesia
- Dua Gerbong Tambahan Lebih Baik
No comments:
Post a Comment
Sampaikan komentar anda disini. No SARA & Rasis. Terimakasih